Penelusuran
CINTA DAMAI & ROCK N ROLL
Selamat Datang Di Blog SAKRAS REVOLUTION
Sebuah blog untuk mengkreasikan rasa dan jiwa,Dengan Prinsip
- Jadilah seperti Bintang yg tak selalu tampak, tapi selalu ada untukmu
- Jadilah seperti Matahari yang selalu menyinari tanpa mengharaap imbalan apapun
- Jadilah seperti Air yang mengalir tanpa peduli rintangan di depannya.
Sebuah blog untuk mengkreasikan rasa dan jiwa,Dengan Prinsip
- Jadilah seperti Bintang yg tak selalu tampak, tapi selalu ada untukmu
- Jadilah seperti Matahari yang selalu menyinari tanpa mengharaap imbalan apapun
- Jadilah seperti Air yang mengalir tanpa peduli rintangan di depannya.
Translate
Sabtu, 28 Juli 2012
TINGKAT KERATAAN JALAN BERDASARKAN ALAT ROLLING STRAIGHT EDGE UNTUK MENGESTIMASI KONDISI PELAYANAN JALAN (PSI DAN RCI)
Tingkat kerataan jalan (International Roughness Index, IRI) merupakan salah satu faktor/fungsi pelayanan (functional performance) dari suatu perkerasan jalan yang sangat berpengaruh pada kenyamanan pengemudi (riding quality). Kualitas jalan yang ada maupun yang akan dibangun harus sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku. Syarat utama jalan yang baik adalah kuat, rata, kedap air, tahan lama dan ekonomis sepanjang umur yang direncanakan. Untuk memenuhi syarat-syarat tersebut perlu dilakukan monitoring dan evaluation secara periodik atau berkala sehingga dapat ditentukan metode perbaikan konstruksi yang tepat.
Pengukuran tingkat kerataan permukaan jalan belum banyak dilakukan di Indonesia mengingat kendala terbatasnya peralatan sehingga persyaratan kerataan dalam monitoring dan evaluation terhadap konstruksi jalan yang ada tidak dapat dilakukan secara baik menurut standar nasional bidang jalan. Untuk mengetahui tingkat kerataan permukaan jalan dapat dilakukan pengukuran dengan menggunakan berbagai cara/metode yang telah direkomendasikan oleh Bina Marga maupun AASHTO. Metode pengukuran kerataan permukaan jalan yang dikenal pada umumnya antara lain metode NAASRA (SNI 03-3426-1994), Rolling Straight Edge, Slope Profilometer (AASHO Road Test), CHLOE Profilometer, dan Roughometer.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
4 komentar:
tanks....ini betul2 bermanfaat buat kta
Ini juga ambil postingan orang, dan indahnya berbagi
Pembelajaran yang mantaffffffffff.....
@Indah Ashy :
Dari data pengukuran yang ada kemudian dilakukan perhitungan dan analisis, sehingga diperoleh nilai kondisi pelayanan jalan berdasarkan tingkat kerataan jalannya (IRI, dalam m/km).
Posting Komentar